Home > Uncategorized > Jenis Artikel Kunci untuk Mengikat Popularitas Blog Anda

Jenis Artikel Kunci untuk Mengikat Popularitas Blog Anda

<!–Post Meta

–>


6 artikel kunci untuk mengikat popularitas blog andaIbarat tubuh, blog punya sendi utama yang menyangga kelangsungan hidupnya. Anda tahu apa yang dimaksud? Ya, artikel dan tulisan-tulisan anda.
Jika anda tidak jaga baik-baik sendi-sendi ini, blog anda bisa lumpuh. Akibatnya, anda sangat mungkin kehilangan pengunjung setia.
Intinya, pengunjung tidak akan buang waktu membaca blog kita jika isinya tidak menarik dan bermanfaat. Maka semaksimal mungkin kita harus terus memproduksi tulisan yang bervitamin dan bertenaga. :-) Sehingga kita tidak perlu khawatir blog kita sepi pembaca. Karena pengunjung pasti kecanduan asupan vitamin dan tenaga yang anda suntikkan dalam blog. Dan, blog kita pasti jadi populer karena banyak orang yang cari dan penasaran, ”Seperti apa ya isi blognya kok banyak orang yang suka?”
Ok… saya tidak akan panjang lebar menggombal ngalor ngidul. ;) Langsung saja kita buat sendi-sendi yang kokoh untuk blog kita (maksudnya artikel/tulisan yang hebat). Karena, artikel-artikel spektakuler ini bisa melakukan banyak hal seperti…

  • Menggaet pembaca baru dan menambah backlink di blog anda.
  • Membuat blog anda terkenal, hasilnya banyak orang yang merekomendasikan blog anda untuk dikunjungi.
  • Search engine senang menampilkan blog anda di halaman depan pencarian.
  • Membuat blog anda terus relevan.

Sekarang, apa anda bertanya-tanya, ”bagaimana membuat sendi blog yang kokoh?” anda tidak perlu bingung. Sendi yang kokoh itu biasanya memiliki jenis tulisan seperti ini…

  1. Artikel ”How-To”. Artikel jenis ini berisi solusi suatu permasalahan. Biasanya artikel ini punya judul yang lazimnya berawalan “Bagaimana…”. Dalam menulis jenis yang satu ini anda mesti memikirkan cara bagaimana pembaca melakukan hal X atau menyelesaikan masalah X. Jadi, anda harus tahu benar apa yang anda tulis. Pastikan anda benar-benar memahami hal X, benar-benar mempraktekkan hal X ini. Intinya anda benar-benar berpengalaman di hal X.
  2. Artikel definisi. Membuat artikel definisi berarti anda harus punya bekal cukup untuk menjelaskan satu pokok masalah. Jadi, tidak heran kalau yang membuat artikel jenis ini biasanya sudah berpredikat ahli. Karena tulisan ini biasanya berisi tentang penjelasan istilah atau menceritakan sejarah tentang suatu hal/ masalah.
    Jika anda ingin membuat artikel definisi Y misalnya. Boleh saja anda menambahkan link ke situs web lain (misal wikipedia) untuk menerangkan tentang Y. Tapi, akan lebih baik anda membuat definisi anda sendiri. Kenapa? Agar, pembaca tidak beralih dari blog anda.
    Untuk membantu kerja anda dalam membuat definisi Y, anda bisa menggambarkan konsep Y dengan kata-kata anda sendiri. Juga, bisa anda tambahkan pendapat anda tentang Y. Bahkan anda boleh menambahkan definisi anda dengan cerita unik yang pernah anda alami berkaitan dengan Y.
    Menariknya, trik penulisan seperti ini bisa menambah kredibilitas dan kepercayaan pengunjung terhadap blog anda. Selain itu, para newbies biasanya gemar mencari jenis artikel ini. Karena mereka perlu tahu hal-hal mendasar. Jadi, setidaknya blog dengan artikel macam ini sudah punya pangsa pasar sendiri.
  3. Artikel opini. Jenis artikel ini sangat cocok bagi anda yang punya blog bertema politik. Anda bebas berpendapat tentang segala macam teori. Terserah anda mau ngomong apa… isu-isu terbaru di dunia industri, pendidikan, ekonomi, pertahanan negara, dll. Atau bahkan komunisme, demokrasi, ataupun kapitalisme boleh anda kupas habis.
    Tapi, ingat! Anda perlu menghadirkan pemikiran anda sendiri yang unik di tulisan anda. Jangan hanya mengutip pendapat orang lain saja. Tapi, kemukakan pendapat anda dan rangsang sebuah diskusi. Membuat suatu kontroversi juga sah-sah saja di sini.
  4. Tulis e-course gratis. Ya… namanya juga e-course berarti anda mengajarkan orang melakukan/ membuat sesuatu dan ini gratis anda berikan untuk pengunjung anda. Misal, blog anda bertema fashion. Anda bisa buat e-course “Buat celana favorit dengan tangan anda sendiri!” anda bisa menguraikan di dalamnya bagaimana membuat celana model bootcut, pipa lurus, pensil, ataupun capri.
    Tahukah anda kalau blog yang memberi tips-tips seperti ini biasanya banyak digandrungi pengunjung? Ya, wajar lha wong gratisan….
    Anda bisa membuat e-course ini dalam bentuk e-book kecil 3-10 halaman dengan format PDF yang bisa didownload. Atau, anda menyajikannya dalam bentuk artikel berseri di blog anda. Hampir mirip dengan jenis how-to artikel, yang terpenting dalam konsep e-course anda harus punya solusi komplit atas satu permasalahan umum.
  5. Artikel Bentuk Daftar. Seperti blog saya ini, jenis artikel ini biasa berjudul ”5 cara…, 6 Langkah…, 3 trik…, dll.” apa menariknya membuat artikel macam ini?
    Ada dua alasan. Pertama, orang lebih mudah mencerna isi tulisan jika inti sari tulisan anda sudah tersedia dalam daftar. Kedua, artikel bentuk ini sering punya link ke blogger lain. Jadi, kita mudah menambah traffic pengunjung dengan tulisan ini. Blog anda makin ramai!
    Nah, sama seperti jenis artikel yang lain. Dalam betuk tulisan ini anda masih harus mempertahankan gaya cerita anda yang unik dan keaslian pendapat anda. Jangan lupa juga… materi pemecahan masalah (problem solving) harus selalu anda sajikan untuk pembaca.
  6. Artikel teknis. Mirip seperti bentuk e-course gratis, artikel teknis fokus pada penyelesaian masalah dengan cara step by step (selangkah demi selangkah). Para pemilik blog tema teknologi suka dengan penulisan model ini. Selain itu, mereka sering menggunakan grafik dan gambar untuk mengentaskan satu masalah.

Kadang-kadang gambar (visual) itu lebih mampu berbicara dari pada kata-kata. Jika anda satu waktu kesulitan menjelaskan sesuatu, anda boleh menggunakan cara ini. Pasang saja gambar!
Anda sudah pilih jenis sendi mana yang bisa memperkokoh blog anda? Ingat, dengan menulis satu artikel tiap hari berarti anda sudah punya tulang-tulang kokoh untuk melarikan tubuh blog anda menuju kesuksesan.
Sekarang, apalagi yang anda tunggu? Tentukan jenis tulisan anda. Then, IMPROVE it! Perbaiki semua kekurangan anda dalam menulis. Taklukkan pembaca dengan gaya dan ide brilian anda!
Selamat menulis….

Categories: Uncategorized
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: